Selasa, 02 Februari 2010

Piala Afrika Setara Trofi Piala Dunia

KEPERKASAAN Mesir di Piala Afrika memang tidak tertandingi. Tujuh gelar dengan tiga di antaranya beruntun (hat-trick) bakal sulit disamai negara lainnya di Benua Hitam. Tapi, ironisnya, Mesir gagal menularkan kisah suksesnya di ajang global alias Piala Dunia.

The Pharaohs gagal berlaga di putaran final dalam lima edisi terakhir. Dalam sejarah, The Pharaohs baru dua kali mencicipi Piala Dunia (1934 dan 1990). Itu pun sama-sama kandas di fase awal. Mereka kalah jauh dibandingkan Kamerun yang sudah enam kali lolos serta Maroko dan Tunisia yang masing-masing empat kali lolos.

Karena itu, prestasi di Piala Afrika dianggap setara dengan trofi Piala Dunia. Setidaknya, mengobati kekecewaan gagal berpartisipasi di Piala Dunia. "Kami sangat bernafsu memenangi Piala Afrika karena gagal lolos ke Piala Dunia. Itulah tujuan utama kami datang ke Angola," kata Shawky Gharib, asisten pelatih Mesir, di situs resmi CAF.

Dalam perjalanan menuju juara, Mesir sukses menekuk empat dari lima wakil Afrika di Piala Dunia 2010. Yakni Nigeria di fase grup, Kamerun (perempat final), Aljazair (semifinal), hingga Ghana (final). Satu tim lainnya yang berstatus tuan rumah Piala Dunia 2010, Afrika Selatan (Afsel), gagal tampil di Piala Afrika tahun ini.

"Tantangan kami di turnamen sangat berat karena harus menghadapi empat kontestan Piala Dunia. Kami bangga mampu meraih kemenangan di setiap laga kami," sambung Gharib. Sukses Mesir juara Piala Afrika menuai ucapan selamat dari panpel Piala Dunia 2010.

Ketua panpel Danny Jordaan menilai Mesir layak juara karena tampil paling konsisten dan menghibur selama turnamen. Dalam kesempatan itu, Jordaan menyatakan kekecewaannya karena tim seperti Mesir absen di ajang seperti Piala Dunia.

"Sekali lagi, Mesir membuktikan sebagai yang terbaik dan mereka telah membuat bangga negerinya secara khusus maupun Benua Afrika secara umum. Tentu saja, kami kecewa tim penuh talenta seperti mereka gagal memeriahkan Piala Dunia yang notabene dilangsungkan di Afrika," papar Jordaan kepada FilGoal.com.

Minus Mesir, Jordaan berharap lima negara Afrika lainnya menjaga gengsi dan prestise Benua Hitam di Piala Dunia. Salah satunya Ghana yang memunculkan tim mudanya di Piala Afrika. "Banyak yang antusias dengan performa young guns Ghana. Mereka membuat fondasi bagus dalam membangun tim hebat di masa mendatang ," tambahnya. (dns

0 komentar:

Posting Komentar